Buku GIS-Sistem Informasi Geografi Dan Pengindraan Jauh Studi Kasus Analisis Keruangan Menggunakan ArcGIS Dan Envi


Rp69.000

Berat 200 gram
Ukuran 14×20 cm
ISBN 978-602-401-169-7
Jumlah Halaman xii, 138 hlm
Tahun Terbit 2017

5 in stock

Category:

Buku ini merupakan buku kedua saya setelah buku pertama telah terbit beberapa bulan yang lalu. Penulisan buku ini atas dasar pengamatan Penulis, yang melihat bahwa luasnya wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan, memiliki kompleksitas masalah keruangan. Oleh karenanya, membutuhkan metode tersendiri untuk menjawab permasalahan tersebut. Saat ini, alat analisis yang sedang nge-trend untuk membantu menjawab kompleksitas masalah keruangan Indonesia, yaitu salah satunya dengan analisis spasial (spatial analysis).OSullivan dan Unwin (2010) mengatakan bahwa analisis spasial (keruangan) adalah salah satu dari berbagai macam teknik analisis tersedia dalam geografi.

Untuk menganalisis ruang secara advance, saat ini telah tersedia tools dalam Sistem Informasi Geografi (SIG) dan Penginderaan Jauh (Inderaja). Seiring dengan perkembangan teknologi, beberapa soft-ware yang telah dikembangkan ilmuwan SIG dan Inderaja diantaranya: ArcGIS dan Envi dengan berbagai versi. Dengan adanya teknologi ini, permasalahan yang dapat dijawab berkaitan dengan aspek ruang menurut Indarto (2013) diantaranya: lokasi (location), kondisi (condition), kecenderungan (trend), pola (pattern), pemodelan (modelling), dan prediksi phenomena (prediction).

Dalam buku ini, Penulis akan menjabarkan melalui studi kasus analisis keruangan di beberapa provinsi menggunakan ArcGIS versi 10.1 dan Envi versi 4.8. Buku ini dapat memudahkan pembaca menjawab masalah keruangan serta sangat mudah mengikuti langkah-langkah aplikasi di software. Melalui buku ini juga dapat menambah referensi bagi para mahasiswa, para konsultan, akademisi, maupun praktisi yang bergelut di bidang kebumian dan bidang lain yang terkait. Adapun studi kasus yang dijabarkan dalam buku ini diantaranya:

Bagian 1:
Studi Kasus: Analisis Keruangan Menggunakan ArcGIS Untuk Analisis Perubahan Penutup Lahan di Provinsi Aceh.
Studi Kasus: Analisis Keruangan Menggunakan ArcGIS Untuk Perhitungan Emisi Perubahan Penutup Lahan di Provinsi Aceh.
Studi Kasus: Analisis Keruangan Menggunakan ArcGIS Untuk Pengembangan Kawasan Permukiman di Kabupaten Bekasi.

Bagian 2:
Studi Kasus: Analisis Keruangan Menggunakan Envi Untuk Klasifikasi Penutup Lahan di Kabupaten Banyumas.
Studi Kasus: Analisis Keruangan Menggunakan Envi Untuk Mengukur Distribusi dan Kerapatan Vegetasi di Kabupaten Banyumas.

Studi Kasus: Analisis Keruangan Menggunakan Envi Untuk Mengukur Suhu Permukaan Tanah di Kabupaten Banyumas.

Weight 0.2 kg
Dimensions 14 × 20 cm

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Buku GIS-Sistem Informasi Geografi Dan Pengindraan Jauh Studi Kasus Analisis Keruangan Menggunakan ArcGIS Dan Envi”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *